Model Repurchase Intention Luxcrime Melalui E-Commerce : Brand Image, Brand Preference, Halal Awareness

  • Indri Ferdiani Suarna Universities Islam Nusantara
  • Nani Ernawati Universitas Islam Nusantara
  • Jajang Suherman Universitas Islam Nusantara
Kata Kunci: Brand Image;Brand Preference; Halal Awareness ;Repurchase Intention

Abstrak

Pertumbuhan kosmetik halal lokal yang signifikan di Indonesia mencerminkan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya prinsip halal, baik dari bahan baku maupun proses produksinya. Secara keseluruhan, tren positif pengembangan kosmetik lokal halal di Indonesia menunjukkan potensi besar di pasar nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, preferensi merek, dan kesadaran halal terhadap niat beli ulang konsumen melalui e-commerce. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan verifikatif, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling untuk mengumpulkan data dari 385 responden melalui penyebaran kuesioner. Analisis yang dilakukan meliputi regresi linier berganda, uji t parsial, uji F, dan uji koefisien determinasi menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh simultan dan signifikan (F-value = 119,056 > F-tabel = 2,628) terhadap citra merek, preferensi merek. , dan kesadaran halal pada niat membeli kembali. Secara parsial, variabel-variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli ulang. Model regresi menghasilkan nilai customized R-square sebesar 0,470. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi niat pembelian kembali produk kosmetik halal, yang menawarkan implikasi strategis bagi pertumbuhan industri kosmetik halal dan pengembangan kebijakan yang terfokus.

Kata kunci: citra merek; preferensi merek; kesadaran halal dan niat membeli kembali

Diterbitkan
2024-04-30
Cara Mengutip
Suarna, I., Ernawati, N., & Suherman, J. (2024). Model Repurchase Intention Luxcrime Melalui E-Commerce : Brand Image, Brand Preference, Halal Awareness. Ekono Insentif, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v18i1.1340
Bagian
Articles