FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL UMKM DI DKI JAKARTA

  • Sabina Umayka Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Sufyati H.S Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Label Halal, Promosi, Pembayaran Digital

Abstrak

Penduduk muslim terbanyak di dunia yaitu negara Indonesia, namun hal tersebut belum bisa membuat Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar. Adapun salah satu masalah yang dihadapi di Indonesia yaitu kurangnya pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya label halal, serta sebagian konsumen muslim masih kurang memperhatikan pentingnya mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang dijual di pasaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh dari label halal, promosi, dan pembayaran digital terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk halal UMKM di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner kepada responden masyarakat muslim di DKI Jakarta. Analisis data dengan menggunakan PLS dengan aplikasi SmartPLS, dengan pengujian data menggunakan inner dan outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal, promosi, dan pembayaran digital mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen muslim dalam penjualan produk halal UMKM di DKI Jakarta.

Diterbitkan
2024-04-30
Cara Mengutip
Umayka, S., & H.S, S. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL UMKM DI DKI JAKARTA. Ekono Insentif, 18(1), 24-33. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v18i1.1350
Bagian
Articles