Pengaruh Literasi Keuangan Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Sekitar Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong)

  • Erike Devliana Vinuri Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Imam Bukhori Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Yeni Kartikawati Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Kata Kunci: literasi keuangan, etika bisnis islam, kinerja bisnis

Abstrak

Penerapan literasi keuangan dan etika bisnis Islam dapat memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini mengeksplorasi dampak literasi keuangan dan etika bisnis Islam terhadap kinerja bisnis UMKM. Penelitian dengan metode kuantitatife deskriptif, pengumpulan data diperoleh dari kuesioner sebanyak 40 responden. Menerapkan teknik analisis regresi linier berganda dengan penggunaan IBM SPSS versi 23. Hasil menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan kepada kinerja bisnis UMKM, sementara etika bisnis Islam memiliki pengaruh positif yang signifikan kepada kinerja bisnis UMKM. Koefisien determinasi menghasilkan kedua variabell x berpengaruh secara simultans kepada kinerja bisnis umkm. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemangku kepentingan UMKM dan pembuat kebijakan dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi kinerja bisnis.

Diterbitkan
2024-04-30
Cara Mengutip
Vinuri, E., Bukhori, I., & Kartikawati, Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Sekitar Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong). Ekono Insentif, 18(1), 1-12. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v18i1.1405
Bagian
Articles