Fenomena Belanja Merchandise K-POP NCT: Perspektif Konformitas dan Perilaku Konsumtif

  • Hanif Kurniadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Almansyah Rundu Wonua Universitas Sembilan belas November Kolaka
  • Hanif Kurniadi Universitas Sembilan belas November Kolaka
Kata Kunci: Konformitas, Conformity, Perilaku Konsumtif, Consumtive Behaviour, Keputusan Pembelian, Purchasing Decision

Abstrak

Fenomena Korean Wave atau Hallyu telah menjadi kekuatan budaya global yang signifikan, dengan pengaruh yang sangat kuat terhadap perilaku konsumsi remaja di Indonesia, khususnya penggemar Korean Pop (K-POP). Salah satu aspek menarik dari pengaruh ini adalah munculnya perilaku konsumtif dan dorongan konformitas sosial yang memengaruhi keputusan pembelian merchandise K-POP, seperti yang terlihat pada penggemar grup NCT. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konformitas dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian merchandise K-POP NCT. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 96 responden yang merupakan anggota grup Telegram penggemar NCT, Na Jaemin. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, demikian pula dengan perilaku konsumtif. Hal ini menandakan bahwa dorongan untuk menyesuaikan diri dengan komunitas fandom serta emosi berlebih dalam konsumsi berperan besar dalam keputusan membeli merchandise K-POP. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman terhadap perilaku konsumen remaja dalam konteks budaya populer.

Diterbitkan
2025-07-06
Cara Mengutip
Kurniadi, H., Wonua, A., & Kurniadi, H. (2025). Fenomena Belanja Merchandise K-POP NCT: Perspektif Konformitas dan Perilaku Konsumtif. Ekono Insentif, 19(1), 12-23. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v19i1.1469
Bagian
Articles