ANALISIS KEMANFAATAN NPWP,KUALITAS PELAYANAN, DAN SANKSI PAJAK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG TERDAFTAR DI KPP PRATAMA CIBITUNG DENGAN PERAN ACCOUNT REPRESENTATIVE SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kemanfaatan NPWP, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan peran account representative sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak yang berada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cibitung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel di dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang berada pada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cibitung. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner secara langsung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 100 kuesioner kepada responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderating dengan pendekatan nilai selisih mutlak. Analisis regresi linear berganda untuk hipotesis kemanfaatan NPWP, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak. Analisis regresi linear berganda dengan nilai uji selisih mutlak untuk hipotesis kemanfaatan NPWP, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak yang dimoderasi oleh peran account representative. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kemanfaatan NPWP, kualitas pelayanan, dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Analisis variabel moderating degan selisih mutlak menunjukkan bahwa peran account representative tidak dapat memoderasi kemanfaatan NPWP dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak tetapi dapat memoderasi kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak.