KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SALE JARI

STUDI PADA MUTIA RASA

  • Nanan Marlina Universitas Putra Indonesia
  • Resma Mutiantari Universitas Putra Indonesia
Kata Kunci: produk, kualitas, mutia rasa, uji regresi, signifikasi

Abstrak

Abstrak - Riset ini bertujuan guna (1) mengetahui bagaimana korelasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PD Mutia Rasa (2) mengetahui bagaimana korelasi persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada PD Mutia Rasa (3) mengetahui bagaimana korelasi kualitas produk persepsi harga pada keputusan pembelian di PD Mutia Rasa (4) mengetahui gambaran kualitas produk pada PD Mutia Rasa (5) mengetahui gambaran persepsi harga pada PD Mutia Rasa(6) mengetahui keputusan pembelian pada PD Mutia Rasa riset ini ialah riset analisis deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Populasi pada riset ini ialah pelanggan PD. Mutia Rasa selama seminggu sebanyak 182 dan jumlah sampel 53 orang. teknik sampling pada riset menerapkan Teknik dari non-probability sampling dengan metode pengambilan incidental sampling. Tingkat kesalahan sebesar 5% dengan analisis uji regresi berganda serta memenuhi kriteria uji persyaratan analisis dan uji asumsi klasik dengan menggunakan aplikasi program SPPSHasil yang didapat dalam riset ini memperlihatkan adanya korelasi positive serta signifikan secara parsial antara kualitas produk pada keputusan pembelian produk sale jari dengan nilai t thitung yakni 2,981 > nilai ttabel 1,675 dan tingkat signifikasinya sebesar 0,000 > 0,05. Persepsi harga berkorelasi positive serta signifikan secara parsial pada keputusan pembelian dengan nilai thitung yakni 4,671 > nilai ttabel 1,675 dan tingkat signifikasinya sebesar 0,010 > 0,05 kualitas produk serta harga secara simultan berkorelasi positive pada keputusan pembelian produk sale jari dengan nilai Fhitung sebesar 16,992 > nilai ttabel 3,17 dan tingkat signifikasinya yakni 0,000 > 0,05. Tingginya pengaruh kualitas produk serta persepsi harga pada keputusan pembelianproduk sale jari ialah 629% serta peersamaan regresi yang didapatkan ialah Y = 0,412 + 0,402  X1 + 0,669 X2

Abstract - This study was conducted with the aim of (1) knowing how the influence of product quality on purchasing decisions at PD Mutia Rasa (2) knowing how the influence of price perceptions on purchasing decisions at PD Mutia Rasa (3) knowing how the influence of product quality on price perceptions on purchasing decisions at PD Mutia Rasa (4) knowing the description of product quality at PD Mutia Rasa (5) knowing the description of price perceptions at PD Mutia Rasa (6) knowing purchasing decisions at PD Mutia Rasa this research is a descriptive analysis research with a quantitative approach. Population in consumer research PD. Mutia Rasa for a week were 182 and the number of samples was 53 people. The sampling technique in this research uses the technique of non-probability sampling with the incidental sampling method. The error rate is 5% with multiple regression analysis and meets the criteria for the analysis requirements test and classical assumption test using the SPPS program application. The results obtained in this study indicate that there is a partially significant positive between product quality and purchasing decisions for finger sale products with a t value tcount is 2,981 > ttable value is 1,675 and the significance level is 0.000 > 0.05. Price perception has a partially significant positive effect on purchasing decisions with a tcount value of 4.671 > ttable value 1.675 and a significance level of 0.010 > 0.05 product quality and price simultaneously have a positive effect on purchasing decisions for finger sale products with an Fcount value of 16.992 > ttable value 3.17 and the significance level is 0.000 > 0.05. The magnitude of the influence of product quality and price perception on purchasing decisions for finger sale products is 629% and the regression equation obtained is Y = 0.412 + 0.402 X1 + 0.669 X2

 

Diterbitkan
2022-04-30
Cara Mengutip
Marlina, N., & Mutiantari, R. (2022). KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SALE JARI. Ekono Insentif, 16(1), 21-30. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v16i1.715
Bagian
Articles