DAMPAK SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION

STUDI PADA RESTORAN KEDAI BUNDA CIPANAS

  • Nanan Marlina Universitas Putra Indonesia
  • Shierly Hambari Universitas Putra Indonesia
Kata Kunci: service quality, harga, restoran, menurun, customer satisfication

Abstrak

Abstrak - Penulis melakukan penelitian ini agar dampak service quality dan harga terhadap customer satisfaction restoran kedai bunda cipanas dapat diketahui. Dengan jumlah pelanggan yang semakin menurun peneliti tertarik untuk meneliti. Teori yang digunakan dari masing-masing variable ialah menurut Sunyoto (2015: 288), Kotler dan Armstrong dalam jurnal Riyono & Gigih (2016 : 101 ), dan Kotller (2011:5). Metode survei adalah metode yang digunakan. Penelitian  ini  dilakukan  di  Rumah  Makan  Kedai  Bunda  Cipanas  dengan  fokus penelitian  pada  Pelanggan  Makan  Kedai  Bunda Cipanas    dengan  jumlah  sampel sebanyak 65 responden. dengan analisis uji regresi berganda serta memenuhi kriteria uji persyaratan analisis dan uji asumsi klasik dengan meggunakan aplikasi program SPSS 20. Oleh karenanya, besaran F hitung (42,559) > dari F tabel (3,19) dengan signifikansi 0,000 (<0,05), sehingga penulis depat menarik kesimpulan bahwa Service quality dan Harga  secara bersama-sama memengaruhi  Customer satisfaction secara positif dan signifikan. Maka dari itu,  H4 ditolak dan H5 diterima pada penelitian ini. Selain itu, model regresi linear yang diestimasi patut digunakan untuk memberikan gambaran terkait dampak peubah x (Kualitas  Pelayanan  dan  Harga)  terhadap  peubah  y  (Customer satisfaction). Oleh karenanya, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa antara peubah Service quality dan Harga secara bersamaan memiliki keterkaitan dengan peubah Customer satisfaction. Adapun untuk mengetahui derajat keeratan keterkaitan tersebut adalah dengan melihat nilai Pearson  Correlation  (R)  yakni  sebesar  0,766.  Merujuk  pada  pedoman  derajat keterkaitan, nilai 0,766 teletak pada rentang nilai Pearson Correlation 0,61 sd 0,80, yang mengindikasikan bahwa antara peubah Service quality dan Harga dikatakan memiliki keterkaitan yang substansial.

Abstract - This study was undertaken to determine the effect of service quality and price on consumer satisfaction at the Warung Ibu Cipanas restaurant. With the decreasing number of customers, researchers are interested in researching. The theory used for each variable is according to Sunyoto (2015: 288), Kotler and Armstrong in the journal Riyono & Gigih (2016: 101), and Kotller (2011:5). This study used the survey technique as its methodology. This study was carried out at the Kedai Bunda Cipanas Restaurant with a research focus on the Customers of the Kedai Bunda Cipanas Restaurant with sample size of 65 respondents. with multiple regression analysis and meet the criteria for the analysis requirements test and the classical assumption test using the SPSS 20 program application. Thus the calculated F value is (42.559) > from F table (3.19) with a significance of 0.000 (<0.05). Therefore, it can be inferred that both service quality and pricing have a positive and statistically significant impact on customer satisfaction. Thus in this study H4 was rejected and H5 was accepted. In addition, is plausible to use the calculated linear regression model to understand the impact of the independent variables of Service Quality and Price on the dependent variable of Consumer Satisfaction. So the researcher can conclude that the variables of Service Quality and Price are concurrently related to the variable of Consumer Satisfaction. As for knowing the relationship degree criterion is to look at the value of Pearson Correlation (R) which is equal to 0.766. Referring to the relationship degree guideline, the value of 0.766 lies in the range of the Pearson Correlation value of 0.61 to 0.80 which indicates that the service quality and price variables are said to have a strong correlation.

Diterbitkan
2022-04-30
Cara Mengutip
Marlina, N., & Hambari, S. (2022). DAMPAK SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION. Ekono Insentif, 16(1), 31-39. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jei.v16i1.716
Bagian
Articles