Efek Prilaku Prososial Masyarakat di Masa Pandemi
Studi Kasus Prososial Warga Rw 05 di Kelurahan Cigadung
Abstrak
Abstrak - Perbedaan reaksi masyarakat terhadap istilah pandemi berefek pada prilaku sosial dan presepsi yang berbeda serta menghambat proses komunikasi antara satu dengan lainnya layak untuk diteliti . Tujuan yang akan diteliti adalah komunikasi prilaku prossosial di masyarakat. Hasil dari penelitian tersebut adalah ada proses komunikasi yang terjadi antara warga masyarakat dan saling motivasi yang berefek terhadap berprilaku prososial diantara . Prilaku prososial berangkat dari pensikapan sebagian masyarakat terhadap penderita covid 19. yang menjadi objek penderita. Presepsi penderita terhadap isolasi mandiri seolah penjara yang memutuskan hubungan secara sosial dan ekonomi memicu sebagian warga yang lainnya untuk prososial dengan bentuk bantuan untuk kebutuhan konsumsi sehari-harinya serta menyampaikan pesan komunikasi untuk menjaga protokol kesehatan selama masa pandemi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa proses komunikasi massa tidaklah berjalan secara sederhana. Setiap pesan yang disampaikan melalui media massa kepada komunikan tidak semuanya diterima, namun khalayak mencari saluran media lain termasuk media sosial atau menemui orang lain yang dipandang memiliki kapasitas informasi yang cukup dan dianggap sebagai opinion leader.
Abtract - The reaction of the community for term pandemic affect the social and civil presepsi different and the process of inhibiting communications between each orther worthy to be researched. Would check purpose in communcation unmannerly prososial in the community. The result of the research is there was a process of communication that occur between residents and each other a motivation that affect to berprilaku prososial of unmnnelly prososial depart from pensikapan some in the community against patients covid 19 who are the objects of patients. Presepsi patiens to isolation mandiri as if cut ties in social and economic trigger some orther people to do prososial whit form of assistance for consumption needs daily And convey a massage communication to keep protocol health during the pandemics. The conclusion of this study process run in miss communications is not simple. Not all message conveyed through mass media to communicants are accepted, but audiences seek other media channels including social media or meet other people who are seen as having sufficient information capacity and considered as opinion leaders.