Abstrak

Abstrak: Kualitas produk merupakan pemahaman bahwa produk yang ditawarkan oleh penjual memiliki nilai jual lebih yang tidak dimiliki oleh produk pesaing, seperti halnya jaminan kualitas, model, desain dan sikap suka yang dimiliki pelanggan terhadap produk tersebut. Meskipun ada beberapa faktor lainya yang sifatnya merupakan unsur-unsur pelengkap yang saling berkaitan satu sama lainnya seperti bahan, proses produksi, tingkat kesesuaian, pengenalan, kecocokan , daya tahan dan harga produk. Harga sendiri merupakan satu-satunya bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan dengan berbagai kriteria pelengkap seperti harga sesuai dengan kepentingan , perkembangan dan permintaan pasar serta memiliki daya saing yang kuat dimana hal ini dapat menumbuhkan minat beli seseorang terhadap suatu produk. Minat Beli adalah perasaan atau keputusan yang berasal dari keterkaitannya dengan sesuatu antara lain minat untuk membeli, bentuk produk, melakukan penawaran, melakukan transasksi dan minat untuk melakukan kunjungan yang dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga. Studi ini menggunakan analisis regresi berganda, dimana populasi responden adalah semua konsumen batik lembur sebanyak 500 orang, menggunakan formula Al -Rasyid maka sampel yang didapat adalah 84 orang responden. Dari hasil tanggapan responden yang telah terdistribusi maka secara simultan hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga mempengaruhi minat beli dengan pengaruh kualitas produk sebesar 0,577 dan signifikan terhadap harga 0,263 dan secara simultan pengaruh kedua variabel pada minat beli 0,354. Dari hasil penelitian secara parsial mengetahui kualitas produk yang lebih dominan berpengaruh pada minat beli dibandingkan harga.


Kata kunci: Kualitas Produk, Harga dan Minat Beli.