https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/issue/feedEkono Insentif2024-05-05T23:31:48+07:00(admin) Andri Budi Santosojurnal@lldikti4.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Ekono Insentif</strong> dengan <strong>ISSN Cetak : <a href="http://u.lipi.go.id/1180426285">1907-0640</a> </strong>dan<strong> ISSN Elektronik : <a href="http://u.lipi.go.id/1539242409">2654-7163</a> </strong>adalah wadah informasi<strong> bidang ilmu Ekonomi</strong> berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah yang terkait <strong>bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, dan Studi Pembangunan.</strong> Terbit pertama kali tahun 2006 dengan frekuensi terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Artikel Jurnal Ekono Insentif dalam versi cetak telah di-online-kan menggunakan <strong>Open Journal System (OJS).</strong></p>https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1405Pengaruh Literasi Keuangan Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM di Sekitar Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong)2024-05-05T23:31:05+07:00Erike Devliana Vinurierikedevlianavinuri@gmail.comImam Bukhorierikedevlianavinuri@gmail.comYeni Kartikawatierikedevlianavinuri@gmail.com<p>Penerapan literasi keuangan dan etika bisnis Islam dapat memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini mengeksplorasi dampak literasi keuangan dan etika bisnis Islam terhadap kinerja bisnis UMKM. Penelitian dengan metode kuantitatife deskriptif, pengumpulan data diperoleh dari kuesioner sebanyak 40 responden. Menerapkan teknik analisis regresi linier berganda dengan penggunaan IBM SPSS versi 23. Hasil menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan kepada kinerja bisnis UMKM, sementara etika bisnis Islam memiliki pengaruh positif yang signifikan kepada kinerja bisnis UMKM. Koefisien determinasi menghasilkan kedua variabell x berpengaruh secara simultans kepada kinerja bisnis umkm. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemangku kepentingan UMKM dan pembuat kebijakan dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi kinerja bisnis.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1398Determinan Utang Luar Negeri Di Negara D-8 Periode 2011-20202024-05-05T23:31:14+07:00An’nissa Miftahusnika Islami Muhsin22208011014@student.uin-suka.ac.idMuhammad Ghafur Wibowomuhammad.wibowo@uin-suka.ac.idMuhammad Ahsanul Amal22208011010@student.uin-suka.ac.id<p>Utang luar negeri di negara berkembang yang tergabung dalam D-8 masih menjadi isu penting yang perlu diteliti lebih lanjut mengenai variabel-variabel yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB), Nilai Tukar (Kurs), dan Pengeluaran Pemerintah (Gt) terhadap utang luar negeri di negara D-8. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model kausalitas yang menguji tujuh negara yang masuk dalam kriteria sampel. Melalui model <em>fixed effect</em> didapatkan hasil penelitian seperti variabel PDB dan nilai tukar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap utang luar negeri negara D-8. Sedangkan, pengeluaran pemerintah tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap utang luar negeri di negara D-8. Pengelolaan pada utang luar negeri ini perlu dilakukan untuk dapat memberikan hasil yang positif pada perekonomian itu sendiri. Maka dari itu, diperlukan penelitian mengenai factor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya utang luar negeri di suatu negara.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1350FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL UMKM DI DKI JAKARTA2024-05-05T23:31:26+07:00Sabina Umaykaumayka1@gmail.comSufyati H.Ssabinaumayka2510@gmail.com<p>Penduduk muslim terbanyak di dunia yaitu negara Indonesia, namun hal tersebut belum bisa membuat Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar. Adapun salah satu masalah yang dihadapi di Indonesia yaitu kurangnya pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya label halal, serta sebagian konsumen muslim masih kurang memperhatikan pentingnya mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang dijual di pasaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh dari label halal, promosi, dan pembayaran digital terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk halal UMKM di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner kepada responden masyarakat muslim di DKI Jakarta. Analisis data dengan menggunakan PLS dengan aplikasi SmartPLS, dengan pengujian data menggunakan <em>inner</em> dan <em>outer model</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal, promosi, dan pembayaran digital mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen muslim dalam penjualan produk halal UMKM di DKI Jakarta.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1343Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Keputusan Investasi2024-05-05T23:31:34+07:00Isna Hary Ardita PutriIsnaharyap07@gmail.comAdi Santosoadisantoso@umpo.ac.id<p>Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan menguji pengaruh pengetahuan investasi, persepsi risiko dan kemajuan teknologi terhadap keputusan investasi. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh masyarakat di kecamatan Sukorejo yang berinvestasi pada sektor riil yaitu emas maupun sektor finansial yaitu saham serta mempunyai pendapatan untuk berinvestasi. Sampel dalam penelitian yakni 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Hair. Metode pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Untuk teknik analisis dalam penelitian yang dilakukan adalah Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 4.0.9.9. Penelitian yang telah dilakukan memiliki hasil pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Sementara itu, persepsi risiko dan kemajuan teknologi berpengaruh terhadap keputusan investasi.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1340Model Repurchase Intention Luxcrime Melalui E-Commerce : Brand Image, Brand Preference, Halal Awareness2024-05-05T23:31:42+07:00Indri Ferdiani Suarnaindriferdiani1707@gmail.comNani Ernawatiindriferdiani1707@gmail.comJajang Suhermanindriferdiani1707@gmail.com<p>Pertumbuhan kosmetik halal lokal yang signifikan di Indonesia mencerminkan meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya prinsip halal, baik dari bahan baku maupun proses produksinya. Secara keseluruhan, tren positif pengembangan kosmetik lokal halal di Indonesia menunjukkan potensi besar di pasar nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, preferensi merek, dan kesadaran halal terhadap niat beli ulang konsumen melalui <em>e-commerce</em>. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan verifikatif, penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling untuk mengumpulkan data dari 385 responden melalui penyebaran kuesioner. Analisis yang dilakukan meliputi regresi linier berganda, uji t parsial, uji F, dan uji koefisien determinasi menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh simultan dan signifikan (F-value = 119,056 > F-tabel = 2,628) terhadap citra merek, preferensi merek. , dan kesadaran halal pada niat membeli kembali. Secara parsial, variabel-variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli ulang. Model regresi menghasilkan nilai customized R-square sebesar 0,470. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi niat pembelian kembali produk kosmetik halal, yang menawarkan implikasi strategis bagi pertumbuhan industri kosmetik halal dan pengembangan kebijakan yang terfokus.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: citra merek; preferensi merek; kesadaran halal dan niat membeli kembali</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalekono/article/view/1267The Analisis Penjadwalan Proyek Pembangunan Saung Serbaguna Di Cikarang Menggunakan PERT Dan CPM2024-05-05T23:31:48+07:00Siti Adriantisitiadrianti273@gmail.comHaikal Hafizhaikalhafiz485@gmail.comWiji Safitriwijisafitri@pelitabangsa.ac.idMiftakul Hudamiftakulhuda@pelitabangsa.ac.id<p>CPM <em>(Critical Path Method)</em> dan PERT <em>(Project Evaluation and Review Technique)</em> adalah teknik matematika yang menggunakan prinsip jaringan untuk memprediksi durasi proyek. Kedua metode ini mengidentifikasi aktivitas penting yang dapat memengaruhi keakuratan atau penundaan penyelesaian proyek. Penelitian ini fokus memberikan penjelasan mengenai perwujudan CPM dan PERT untuk memprediksi durasi proyek pembangunan Saung Serbaguna Rumah Makan dan Pemancingan Surya Kencana di Cikarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan manajer proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalur kritis pada proyek ini terdiri dari dua puluh tiga aktivitas dengan total durasi 73,1 hari. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode PERT dan CPM dapat membantu manajer proyek dalam mengidentifikasi jalur kritis dan mengoptimalkan penjadwalan proyek untuk mencapai tujuan proyek yang diinginkan.</p>2024-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##