https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/issue/feed Jurnal Soshum Insentif 2024-05-27T17:06:22+07:00 (admin) Andri Budi Santoso jurnal@lldikti4.id Open Journal Systems <p>Jurnal Soshum Insentif dengan ISSN cetak <a href="http://u.lipi.go.id/1540979129"><strong>2655-268X</strong> </a>dan ISSN elektronik <a href="http://u.lipi.go.id/1540979500"><strong>2655-2698</strong></a> diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun oleh <strong>LLDIKTI Wilayah IV</strong> yaitu bulan April dan Oktober. Pada tanggal <strong>09 Desember 2021</strong>, Jurnal Soshum Insentif telah berstatus sebagai <strong>Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 3 sesuai </strong>dengan<strong> SK No. 204/E/KPT/2022</strong>. Jurnal ini berisi tulisan hasil penelitian dan kajian analisis di bidang <strong>Sosial dan Humaniora</strong> yang diseleksi dengan <strong>sistem Blind Review</strong>. Software <strong>Ithenticate</strong> digunakan sebagai tool untuk menjaga tingkat plagiarisme tetap dibawah ketentuan.</p> https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/966 Pemulihan Agro Wisata di Desa Sukajadi, Bogor 2024-05-05T00:48:32+07:00 Kelik Hastjarjo hastjarjo@stpbogor.ac.id <h2>Abstrak</h2> <p>Dampak COVID-19 terhadap pariwisata, transportasi, dan layanan terganggu. Pariwisata memiliki potensi besar sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi di Kabupaten Bogor. Pengembangan desa wisata didukung melalui BUMDES Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dan pada tahun 2022 diadakan Festival Desa Wisata dengan total hadiah Rp 1 Miliar. Pariwisata pedesaan dipandang sebagai sektor yang dapat berkontribusi pada pemulihan. Penelitian ini dilakukan di desa wisata binaan Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor yaitu Desa Sukajadi. Ada banyak tempat wisata terkenal di sekitar Desa Sukajadi, namun dikelola oleh pihak swasta. Masyarakat di sini ingin turis juga datang ke desa agar desa bisa maju dan bisa membantu perekonomian masyarakat. Bagaimana konsep agrowisata di desa wisata Sukajadi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konsep desa wisata Sukajadi yang berorientasi pada pengembangan desa wisata dari dan untuk masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan situasi dan potensi desa wisata untuk pengembangan ke depan. Temuan dari penelitian ini adalah konsep pengembangan desa wisata Sukajadi yang dapat dijadikan masukan bagi desa wisata milik masyarakat lainnya.</p> <h2>Abstract</h2> <p><em>The impact of COVID-19 on tourism, transportation, and services is disrupted. Tourism has great potential as the backbone of economic recovery in Bogor Regency. The development of tourist villages is supported through BUMDES One Billion One Village (Samisade) and in 2022 a Tourism Village Festival was held with a total prize of IDR 1 billion. Rural tourism is seen as a sector that can contribute to the recovery. This research was conducted in a tourist village assisted by the Bogor Tourism College, namely Sukajadi Village. There are many famous tourist attractions around Sukajadi Village, but they are managed by the private sector. The people here want tourists to come to the village too so that the village can progress and can help the economy of the community. What is the agritourism concept in the tourist village of Sukajadi? The purpose of this research is to develop a concept for the Sukajadi tourism village which is oriented towards developing a tourism village from and for the community. This study uses qualitative methods to describe the situation and potential of a tourism village for future development. The findings from this study are the concept of developing the Sukajadi tourism village which can be used as input for other community-owned tourist villages.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1413 Knowledge Sharing Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah Di Kabupaten Majalengka Dengan Pemoderasi Adopsi Sistem 2024-05-05T00:48:48+07:00 Masduki Masduki masduki.75422006@mahasiswa.unikom.ac.id Umi Narimawati masduki.75422006@mahasiswa.unikom.ac.id M Yani Syafe'i masduki.75422006@mahasiswa.unikom.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Kinerja merupakan tolok ukur dari keberlanjutan suatu perusahaan, termasuk UMKM. Jika antar-pelaku UMKM mempunyai hubungan yang kuat dan mampu menjalin komunikasi yang baik maka kinerja dan tujuan UMKM akan tercapai dengan cepat dan efisien. Komunikasi yang dimaksud adalah berbagi pengetahuan sesama pelaku UMKM, selain itu dalam implementasinya diperlukan juga sistem informasi yang dapat membantu UMKM untuk meningkatkan efektivitas berbagi pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji <em>knowledge sharing</em> atas kinerja usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Majalengka melalui pemoderasi adopsi sistem. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi terdiri dari pelaku UMKM di Kabupaten Majalengka sebanyak 211.749 UMKM, dibagi dalam 10 kategori usaha. Penentuan ukuran sampel menggunakan proporsional random sampling dan diperoleh sampel 205 UMKM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik <em>accidental sampling</em>. Analisis data menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) dengan SmartPLS 3. Berdasarkan temuan studi,<em> knowledge</em> sharing berdampak positif serta signifikan terhadap proses operasional atau kinerja UMKM. Hasil utama penelitian ini yaitu adopsi sistem informasi dapat memperkuat hubungan antara pertukaran pengetahuan dan proses kerja UMKM.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Performance is a measure of the sustainability of a company, including MSMEs. If MSME actors have strong relationships and are able to establish good communication, then MSME performance and objectives will be achieved quickly and efficiently. The communication in question is sharing knowledge among MSME actors, besides that in its implementation an information system is also needed that can help MSMEs to increase the effectiveness of knowledge sharing. The purpose of this study is to examine knowledge sharing on the performance of micro, small and medium enterprises in Majalengka Regency through moderating system adoption. This research method uses quantitative descriptive. The population consists of 211,749 SMEs in Majalengka Regency, divided into 10 business categories. Determining the sample size using proportional random sampling and obtained a sample of 205 SMEs. Sampling was done by accidental sampling technique. Data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with SmartPLS 3. &nbsp;Based on the study findings, knowledge sharing has a positive and significant impact on the operational processes or performance of MSMEs. The main result of this study is that the adoption of information systems can strengthen the relationship between knowledge exchange and MSME work processes.</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1414 Effects of Entrepreneurial Leadership and Innovation Capacity on Employee Productivity and its Implication on Business Performance (Survey at some Supermarket at Cirebon City) 2024-05-05T00:48:43+07:00 Hikmat Hikmat hikmat86@gmail.com Maya Puspita Dewi hikmat86@gmail.com Marliana B Winanti hikmat86@gmail.com <p>&nbsp;</p> <p><em>This paper’s objectives are to know the influence of entrepreneurial&nbsp; leadership and innovation capacity on&nbsp;&nbsp; employee productivity and its implication on business performance. The method used is quantitative research implemented as a survey on several Supermarket. The data is analyzed using path analysis and mediation process. Research findings:</em> <em>First,&nbsp; entrepreneurial&nbsp; leadership and innovation capacity affect significantly&nbsp; employee productivity&nbsp; simultaneously. Second, entrepreneurial leadership affects employee productivity significantly. Third, innovation capacity affects employee productivity significantly. Fourth, employee productivity affects business performance significantly. Fifth, entrepreneurial&nbsp; leadership affects significantly&nbsp;&nbsp; on business performance as mediated by&nbsp; employee productivity. Sixth, Innovation Capacity&nbsp; affects significantly&nbsp;&nbsp; on business performance as mediated by&nbsp; employee productivity</em></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1415 EFFECT OF ONLINE MARKETING COMMUNICATIONS, CONSUMER PREFERENCES, CONSUMER NEEDS ON PURCHASE BEHAVIOR AND THEIR IMPACT ON PURCHASE DECISIONS (Survey on the Tokopedia and Shopee Online Shop consumers in Bandung) 2024-05-05T00:48:58+07:00 Dadang Munandar dadangm@iwu.ac.id Rizka Aula Assaf dadangm@iwu.ac.id Sheila Kurnia Putri dadangm@iwu.ac.id <p>The aim of this research&nbsp; is to study the effect of Online Marketing Communication, Consumer Preferences, and Consumer Need&nbsp; as mediated by&nbsp; Purchase Behavior on Purchase Decision. As many as 100 Tokopedia and Shoppe consumers in Bandung&nbsp;&nbsp; are chosen as the respondents using the purposive method. This research employs quantitative approach by using survey method. The data is analyzed using the mediation analysis technique from the Process Andrew Hayes Software.&nbsp;&nbsp; Research findings are: first, Direct and indirect effect of&nbsp; Online Marketing Communication, Consumer Preferences, and Consumer Need&nbsp; as mediated by&nbsp; Purchase Behavior on Purchase Decision falls into moderate category; second, The determinant factors of Purchase Decision as mediated by Purchase Behavior are affected by 1) Consumer Need; 2) Consumer Preferences and&nbsp; 3)&nbsp; Online&nbsp; Marketing Communication; third, Online Marketing Communication affects significantly&nbsp; on Purchase Decision as mediated by&nbsp; Purchase Behavior. Fourth, Consumer Preferences affect significantly&nbsp; on Purchase Decision as mediated by&nbsp; Purchase Behavior; and fifth, Consumer Need affects significantly&nbsp; on Purchase Decision as mediated by&nbsp; Purchase Behavior.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1416 Implementasi Sistem Informasi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kampus 2024-05-05T00:49:04+07:00 Shaqia Nur Oktaviana srimulyeni88@gmail.com Vina Apriliani srimulyeni88@gmail.com Windi Nova Novita srimulyeni88@gmail.com Sri Mulyeni srimulyeni88@gmail.com Herlina Herlina srimulyeni88@gmail.com <p>Sistem informasi akademik telah berkembang dalam berbagai bentuk, dimulai dengan sistem informasi yang dapat diakses melalui internet dan SMS. Metode penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Serangkaian studi tentang bagaimana data perpustakaan dikumpulkan atau studi tentang berbagai jenis informasi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem informasi akademik untuk meningkatkan kualitas layanan kampus. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini. Secara umum, implementasi SIA yang di rasakan oleh penulis sudah baik karena memuaskan terhadap para pengguna sistem, dan meningkatkan kualitas kerja serta membantu kinerja semua pihak terkait kegiatan akademi di kampus kemudian dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa selama pelaksanaan tidak timbul masalah yang&nbsp; berarti walaupun ada kendala seperti jaringan internet tidak bagus atau jaringan internet mati akan tetapi semua dapat di atasi.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1380 Interpersonal Communication Point Penting Membangun Stakeholder Engagement pada Program CSR: Studi Kasus pada Program CSR Desa Wisata Cibeusi PT.Danone Indonesia 2024-05-27T17:06:22+07:00 Vanessa Michelle Lisan vanessamichellelisan@student.telkomuniversity.ac.id Choiria Anggraini choiriaanggraini@telkomuniversity.ac.id <p>Penelitian tentang implementasi interpersonal communication dalam membangun stakeholder engagement masih terbatas dan belum ada yang mengeksplorasi korelasi diantara keduanya. Penelitian ini berfokus pada implementasi komunikasi interpersonal dalam membangun keterlibatan pemangku kepentingan dalam konteks program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya dalam inisiatif Desa Wisata Cibeusi oleh PT Danone Indonesia. Studi ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi proses komunikasi dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam program CSR. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana komunikasi antarpribadi berkontribusi pada berjalannya program CSR dalam membangun keterlibatan pemangku kepentingan. Temuan dari penelitian ini akan memberikan wawasan tentang peran komunikasi interpersonal dalam program CSR dan potensinya untuk meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan serta berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.</p> 2024-05-05T23:39:06+07:00 ##submission.copyrightStatement##