Jurnal Soshum Insentif https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum <p>Jurnal Soshum Insentif dengan ISSN cetak <a href="http://u.lipi.go.id/1540979129"><strong>2655-268X</strong> </a>dan ISSN elektronik <a href="http://u.lipi.go.id/1540979500"><strong>2655-2698</strong></a> diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun oleh <strong>LLDIKTI Wilayah IV</strong> yaitu bulan April dan Oktober. Pada tanggal <strong>09 Desember 2021</strong>, Jurnal Soshum Insentif telah berstatus sebagai <strong>Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 3 sesuai </strong>dengan<strong> SK No. 204/E/KPT/2022</strong>. Jurnal ini berisi tulisan hasil penelitian dan kajian analisis di bidang <strong>Sosial dan Humaniora</strong> yang diseleksi dengan <strong>sistem Blind Review</strong>. Software <strong>Ithenticate</strong> digunakan sebagai tool untuk menjaga tingkat plagiarisme tetap dibawah ketentuan.</p> id-ID jurnal@lldikti4.id ((admin) Andri Budi Santoso) jurnal@lldikti4.id ((admin) Andri Budi Santoso) Tue, 31 Oct 2023 17:10:22 +0700 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerjemahan Danseigo dan Joseigo Pada Komik“Meitantei Conan Volume 94” (Aoyama, 2017) https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1132 <p>Penelitian ini menganalisis penggunaan dan penerjemahan <em>danseigo </em>dan<em> joseigo</em> bentuk <em>ninshou daimeishi</em> pada komik “Meitantei Conan Volume 94” (Aoyama, 2017). Rumusan masalah penelitian ini adalah <em>danseigo dan joseigo</em> bentuk <em>ninshou daimeishi</em> apa saja yang digunakan dalam komik tersebut serta teknik penerjemahan apa yang digunakan dalam penerjemahannya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada komik “Meitantei Conan Volume 94” (Aoyama, 2017) digunakan 162 data <em>ninshou daimeishi</em> dengan rincian 107 data <em>danseigo</em> dan 55 data <em>joseigo</em>. <em>Ninshou daimeishi </em>pada <em>danseigo </em>dan<em> joseigo</em> yang paling banyak digunakan adalah <em>jishou ninshou daimeishi</em> (pronomina persona pertama) yaitu <em>boku, bokutachi, ore, oretachi/orera, jibun, dan watashi.</em> Penerjemah mensiasati perbedaan variasi bahasa berdasarkan gender, perbedaan struktur frase, perbedaan sudut pandang, dan perbedaan stilistik yang terdapat pada penggunaan <em>danseigo</em> dan <em>joseigo</em> dalam komik “Meitantei Conan Volume 94” (Aoyama, 2017) dengan menggunakan 6 teknik penerjemahan, yaitu teknik transposisi (22,8%), teknik reduksi (5,6%), teknik modulasi (8,0%), teknik literal (56,8%), teknik kompensasi (5,6%), dan teknik amplifikasi (1,2%).</p> Asteria Permata Martawijaya, Tharra Dwi Ananda ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1132 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Promosi Kesehatan dalam Bentuk Media Digital Campaign untuk Pencegahan Stunting https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1182 <p>Indonesia berada di puncak bonus demografi, maka kualitas sumber daya manusia menjadi tantangan besar. Berdasarkan World Population Review Oktober 2022, mengemukakan bahwa tingkat Intelegence Quotient orang Indonesia rata-rata 78,49% dan berada di peringkat 130 dari 199 negara di dunia serta urutan terakhir dari 10 negara ASEAN. Sejak tahun 2000–2010, lebih dari 30% anak balita Indoesia mengalami tengkes. Permasalahan tersebut ditemukan di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Secara umum, yang saling berkaitan dan mempengaruhi yaitu; Kemiskinan, Kebersihan, dan Stunting. PKM ini bertujuan membangun persepsi, pemahaman dan keterampilan para pemangku kepentingan dalam mencegah stunting dan cara-cara mengantisipasinya melalui strategi komunikasi kesehatan dalam bentuk digital media campaign. Maka, dibutuhkan <em>content</em> sehat dan manfaat bagi para <em>content creator</em> dan kecerdasan informasi bagi penerimannya, untuk menangkal <em>hoaxs</em>/propaganda, informasi menyesatkan tentang kesehatan. Hasil PKM menunjukkan diantaranya; terdapat peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran dari para pemangku kepentingan yang relevan tentang perlunya koordinasi yang intens untuk pencegahan stunting.</p> Atie Rachmiatie, Dey Ravena, Oji Kurniadi, Mohamad Subur Drajat, Ferra Martian ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1182 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Perkuliahan https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1030 <p>Beragam persepsi dalam suatu organisasi menjadi satu di antaranya pemicu terjadinya konflik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui urgensi penerapan manajemen konflik dalam suatu organisasi perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara serta menggunakan metode analisis deskriptif. Dengan partisipan P1 selaku anggota organisasi perkuliahan di salah satu Universitas Swasta Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi penerapan manajemen konflik dalam suatu organisasi perkuliahan penting dilakukan. Menjadikan sebuah konflik agar tidak merugikan suatu organisasi, namun menjadikan manfaat dan hikmah bagi organisasi yang bersangkutan. Menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik dapat menjadi sebuah indikator kesuksesan suatu organisasi melakukan manajemen konflik. Komunikasi yang dilakukan oleh seluruh anggota dengan pengendalian dari pemimpin organisasi dengan tujuan anggota berfokus pada tujuan yang sama. Kesadaran terhadap permasalahan dapat meningkatkan produktivitas. Adanya kemampuan manajemen konflik menjadikan organisasi semakin kuat dan berkembang ketika menghadapi permasalahan.</p> Anisatul Hidayah Hidayah, Muhamad Supriadi, Shaleh Shaleh ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1030 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 UPAYA UPAYA PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA SEKOLAH https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1093 <p>Remaja berpotensi melahirkan tindakan kejahatan atau dikenal sebagai kenakalan remaja. Oleh sebab itu, pencegahan dan penanganannya perlu diupayakan, salah satunya melalui pendidikan resolusi konflik. Hal itu bertujuan tidak hanya memberikan edukasi dalam penanganan konflik, bagi anak yang berhadapan (konflik) dengan berbagai persoalan, misalnya hukum, juga sebagai upaya dalam meminimalisir kenakalan remaja. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur. Pendidikan resolusi adalah tanggung jawab semua pihak, tidak hanya institusi formal. Pihak-pihak tersebut mesti memperhatikan aspek-aspek penanganan dalam pendidikan resolusi konflik, diantaranya: 1) <em>no emphaty; </em>2) <em>no collaborative</em>; 3) <em>no conflict resolution intelligence</em>; 4) <em>no social intelligence</em>; 5) <em>no skill persoanl</em>; dan, 6) <em>using force/violence</em>. Sehingga, fokus dalam pendidikan resolusi konflik adalah mengasah kecerdasan sosial dan penyelesaian masalah, meningkatkan kemampuan mendesain resolusi konflik, dan mendapatkan pengetahuan konflik secara positif. Melalui pendidikan resolusi konflik diharapkan individu dapat mempelajari dan mengatasi konflik yang dialami, serta mampu meningkatkan kualitas berpikir dalam menghadapi situasi konflik, khususnya dalam persoalan kenalakan remaja.</p> Sidik Permana, Mursyid Setiawan ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1093 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembayaran Pajak Secara Online https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1200 <h2>Abstrak</h2> <p>Tujuan karya ilmiah ini untuk mengetahui pengaruh masyarakat desa Jelegong kabupaten Bandung terhadap kepuasan pelayanan pajak secara online menggunakan <em>e-</em><em>Billing</em>. <em>e-</em><em>Billing </em>merupakan metode pembayaran elektronik dalam tagihan 15 digit untuk membayar pajak. Pemerintah kini memberikan layanan yang memudahkan masyarakat membayar pajak melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) dengan menggunakan <em>e-billing</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner kepada 40 responden sebagai data primer agar data dapat di deskripsikan dengan jelas dan akurat. Hasil dari penelitian ini pelayanan pembayaran pajak secara online dengan aplikasi SIGNAL dengan menggunakan <em>e-</em><em>Billing </em>masih kurang layak digunakan. Hal ini membuktikan masih kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat dalam mendukung pelayanan yang dapat membantu masyarakat beradaptasi dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang pembayaran pajak secara online agar memudahkan dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.</p> <h2>Abstract</h2> <p><em>This scientific work aims to determine the influence of Jelegong village, Bandung district's people on satisfaction with online tax services using e-billing. E-Billing is an electronic payment method in 15-digit bills to pay taxes. The government is now providing services that make paying taxes easier through the National Digital Samsat (SIGNAL) application using e-billing. The quantitative research method used is a questionnaire to 40 respondents as primary data so that the data can be described clearly and accurately. The results of this research are that online tax payment services using the SIGNAL application using e-Billing still need to be more suitable for use. This proves that there is still a need for more outreach from the government to the public in supporting services that can help the public adapt to technological advances, especially in the field of online tax payments to make it easier to carry out the obligation to pay taxes.</em></p> Indriyani Soemantri, Herlina Herlina, Sri Mulyeni ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1200 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 BRANDING POSITIONING & VALUE DELIVERY & MARKETING COMMUNICATION ON SUCCESSFUL BUSINESS LONG TERM GROWTH https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1215 <p>Objectives of the research are to understand the influence of Branding Positioning, Value Delivery and&nbsp; Marketing Communication on Successful Business Long Term Growth. Quantitative approach using survey method is used in studying 30 SME business organizations in Bandung. Structural equation modelling based on covariance is used to analyse data. Results of the study are as follows: 1) Branding Positioning, Value Delivery and&nbsp; Marketing Communication affect significantly on Successful Business Long Term Growth simultaneously; 2) Branding Positioning&nbsp; affects significantly on Successful Business Long Term Growth partially; 3) Value Delivery affects significantly on Successful Business Long Term Growth partially; 4) Marketing Communication affects significantly on Successful Business Long Term Growth partially. Thus, business long term growth is important for the business organizations in order to gain competitive advantage and profit.</p> Hendar Rubedo, Umi Narimawati, M Yani Syafei ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1215 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 The Roles of Awareness, Interest, Evaluation, Trial on Adoption and its Impact on Purchase Decision: Study on New Product of ”Wuling” Electric Car Consumers in Bandung https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1216 <p>The objectives of this study is to know the influence of the new product adoption on purchase decision among the consumers of the Wuling Electrical Vehicle in Bandung. The research employs a quantitative approach and survey. By using the purposive method, 96 consumers in Bandung were selected as the respondents of the study. The writer uses path analysis to analyze the data. Findings of the research are as follows: 1) Awareness, Interest, Evaluation and Trial affect significantly Adoption simultaneously; 2) Awareness affects significantly Adoption partially; 3) Interest affects significantly Adoption partially;&nbsp; 4) Evaluation affects significantly Adoption partially; 5) Trial affects significantly Adoption partially; and 6)&nbsp; Adoption affects Purchase Decision significantly. Thus, the adoption process of the new electric car positively affect the consumers purchase decisions whether or not they will buy the electrical vehicle.</p> Tetet Cahyati, Dadang Munandar ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.lldikti4.or.id/index.php/jurnalsoshum/article/view/1216 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700