Penerapan Metode Finite State Machine pada Game “Penyelamatan Dewi Sekar” menggunakan Unreal Engine 4

  • Achmad Putra Nurcahyo Universitas Budi Luhur
  • Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti Universitas Budi Luhur
Kata Kunci: Cerita rakyat, Game, Cupak dan Gerantang, Permainan, RPG

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi hiburan anak-anak dan remaja, yang kini lebih tertarik pada game Role-Playing Game (RPG) dan online dibanding membaca cerita rakyat Indonesia. Untuk melestarikan budaya dan meningkatkan minat generasi muda, game Penyelamatan Dewi Sekar dikembangkan dengan mengadaptasi cerita rakyat Cupak dan Gerantang dalam format 3D open-world RPG. Metode ATUMICS untuk mentransformasikan cerita rakyat ke dalam bentuk modern serta Game Development Life Cycle (GDLC) untuk mengatur tahapan pengembangannya. Selain itu, Finite State Machine (FSM) diterapkan untuk mengontrol perilaku Non-Playable Character (NPC) musuh, menciptakan gameplay yang lebih dinamis dan interaktif. Hasil pengujian menunjukkan tingkat pemahaman cerita sebesar 69,6%, ketertarikan 81%, keinginan membaca ulang 92%, pemahaman mekanisme permainan 77%, daya tarik tampilan 89,2%, serta keinginan untuk memainkan kembali 89,4%. Dengan hasil ini, game Penyelamatan Dewi Sekar terbukti sebagai media edukatif yang efektif untuk mengenalkan kembali cerita rakyat kepada generasi muda.

Diterbitkan
2025-07-05
Cara Mengutip
Nurcahyo, A., & Shaka Yudha Sakti, D. (2025). Penerapan Metode Finite State Machine pada Game “Penyelamatan Dewi Sekar” menggunakan Unreal Engine 4. Jurnal Tekno Insentif, 19(1), 45-60. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jti.v19i1.1869