Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Pengetikan naskah dan sitasi mengikuti gaya selingkung yang disyaratkan dalam Panduan Penulis

Panduan Penulis

GAYA SELINGKUNG JURNAL SOSHUM INSENTIF

1. Naskah yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Jurnal SOSHUM INSENTIF berupa hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan sains dan teknologi. Naskah tersebut belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan pada jurnal atau prosiding lain, dilengkapi dengan surat pernyataan mengenai hal tersebut dan ditandatangani dalam kertas bermaterai.
2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan memperhatikan kaidah bahasa yang digunakan, seluruh bagian dari naskah diketik menggunakan huruf (font) Times New Roman berukuran 12 point, jarak antar baris 1,5 spasi. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dan berformat two pages, naskah yang dibuat mempunyai jumlah kata 3000 - 4000 kata.
3. Judul naskah menggambarkan isi pokok tulisan, ditulis secara ringkas dan jelas maximal 11 kata.
4. Nama Penulis dibuat taat azas tanpa penggunaan gelar dan dilengkapi dengan penjelasan asal instansi atau universitas dan mencantumkan email untuk korespodensi.
5. Abstrak naskah diketik satu spasi, tidak lebih dari 200 kata dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Abstrak menggambarkan intisari dari permasalahan, metode, hasil, dan simpulan, serta dilengkapi kata kunci sebanyak 3 – 5 kata pada bagian bawah abstrak
6. Isi Naskah terdiri dari Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan dan Saran, setiap bagian diberi penomoran 1,2,3,dan 4, tanpa penomoran pada sub bagian.
7. Pendahuluan meliputi uraian tentang latar belakang masalah, ruang lingkup penelitian, dan telaah pustaka yang terkait dengan permasalahan yang dikaji, serta rumusan hipotesis (jika ada). Uraian pendahuluan maksimum 20% total halaman.
8. Metode Penelitian meliputi uraian yang rinci tentang bahan atau data yang digunakan, metoda yang dipilih, teknik, dan cakupan penelitian. Uraian Metode Penelitian maksimum 15% total halaman.
9. Hasil dan Pembahasan merupakan uraian obyektif tentang hasil-hasil penelitian dan pembahasannya. Hasil bisa dalam bentuk tabel, teks, atau gambar. Sedangkan dalam pembahasan adalah untuk menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai dan menafsirkan/analisis hasil.Tekankan aspek baru dan penting, sertakan juga bahasan dampak penelitian dan keterbatasannya. Uraian hasil dan pembahasan minimum 45% total halaman.
10. Kesimpulan dirumuskan berdasarkan hasil-hasil penelitian.
11. Ucapan terima kasih dicantumkan untuk memberikan penghargaan kepada institusi atau pihak yang membantu dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan.
12. Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad, dan disesuaikan dengan rincian berikut:
a. Buku: nama penulis, tahun penerbitan, judul lengkap buku, penyunting (jika ada), nama penerbit, dan kota penerbitan.
b. Artikel dalam buku: nama penulis, tahun penerbitan, judul artikel/tulisan, judul buku, nama penyunting, kota penerbitan, dan nama penerbit.
c. Terbitan berkala: nama penulis, tahun penerbitan, judul tulisan, judul terbitan (bila disingkat, sebaiknya menggunakan singkatan yang baku), volume, dan nomor.
d. Artikel dalam internet: nama penulis, judul, situsnya serta tanggal akses.
e. Cara penulisan sumber kutipan di belakang kutipan ditulis di dalam kurung nama dan tahun.
13. Tabel diberi nomor dan judul dilengkapi diatas badan table, dengan sumber data yang ditulis dibawah badan tabel, diikuti tempat dan waktu pengambilan data.
14. Ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta, dan foto diberi nomor dan judul di bawah gambar.
15. Naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan jurnal SOSHUM INSENTIF akan ditolak oleh Dewan Redaksi dan akan dikembalikan kepada penulis.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.