Promosi Kesehatan dalam Bentuk Media Digital Campaign untuk Pencegahan Stunting

  • Atie Rachmiatie Universitas Islam Bandung
  • Dey Ravena Universitas Islam Bandung
  • Oji Kurniadi Universitas Islam Bandung
  • Mohamad Subur Drajat
  • Ferra Martian Universitas Islam Bandung
Kata Kunci: Pencegahan Stunting, Komunikasi Kesehatan, Digital Media Campaign

Abstrak

Indonesia berada di puncak bonus demografi, maka kualitas sumber daya manusia menjadi tantangan besar. Berdasarkan World Population Review Oktober 2022, mengemukakan bahwa tingkat Intelegence Quotient orang Indonesia rata-rata 78,49% dan berada di peringkat 130 dari 199 negara di dunia serta urutan terakhir dari 10 negara ASEAN. Sejak tahun 2000–2010, lebih dari 30% anak balita Indoesia mengalami tengkes. Permasalahan tersebut ditemukan di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Secara umum, yang saling berkaitan dan mempengaruhi yaitu; Kemiskinan, Kebersihan, dan Stunting. PKM ini bertujuan membangun persepsi, pemahaman dan keterampilan para pemangku kepentingan dalam mencegah stunting dan cara-cara mengantisipasinya melalui strategi komunikasi kesehatan dalam bentuk digital media campaign. Maka, dibutuhkan content sehat dan manfaat bagi para content creator dan kecerdasan informasi bagi penerimannya, untuk menangkal hoaxs/propaganda, informasi menyesatkan tentang kesehatan. Hasil PKM menunjukkan diantaranya; terdapat peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran dari para pemangku kepentingan yang relevan tentang perlunya koordinasi yang intens untuk pencegahan stunting.

Diterbitkan
2023-10-31