Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembayaran Pajak Secara Online

  • Indriyani Soemantri Universitas Terbuka
  • Herlina Herlina Universitas Mandiri
  • Sri Mulyeni Universitas Nasional Pasim
Kata Kunci: author’s guideline, document’s template, format, style, abstract, E-billing, Pajak, Pelayanan Publik

Abstrak

Abstrak

Tujuan karya ilmiah ini untuk mengetahui pengaruh masyarakat desa Jelegong kabupaten Bandung terhadap kepuasan pelayanan pajak secara online menggunakan e-Billing. e-Billing merupakan metode pembayaran elektronik dalam tagihan 15 digit untuk membayar pajak. Pemerintah kini memberikan layanan yang memudahkan masyarakat membayar pajak melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) dengan menggunakan e-billing. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner kepada 40 responden sebagai data primer agar data dapat di deskripsikan dengan jelas dan akurat. Hasil dari penelitian ini pelayanan pembayaran pajak secara online dengan aplikasi SIGNAL dengan menggunakan e-Billing masih kurang layak digunakan. Hal ini membuktikan masih kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat dalam mendukung pelayanan yang dapat membantu masyarakat beradaptasi dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang pembayaran pajak secara online agar memudahkan dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.

Abstract

This scientific work aims to determine the influence of Jelegong village, Bandung district's people on satisfaction with online tax services using e-billing. E-Billing is an electronic payment method in 15-digit bills to pay taxes. The government is now providing services that make paying taxes easier through the National Digital Samsat (SIGNAL) application using e-billing. The quantitative research method used is a questionnaire to 40 respondents as primary data so that the data can be described clearly and accurately. The results of this research are that online tax payment services using the SIGNAL application using e-Billing still need to be more suitable for use. This proves that there is still a need for more outreach from the government to the public in supporting services that can help the public adapt to technological advances, especially in the field of online tax payments to make it easier to carry out the obligation to pay taxes.

Diterbitkan
2023-10-31