Pembelajaran Membaca Puisi Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL)
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran membaca puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL). Masalah penelitian yang ingin dijawab setelah penelitian ini adalah (1) apakah terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran kontektual (countextual teaching and learning) dalam membaca puisi pada mahasiswa Universitas Putra Indonesia Cianjur, (2) bagaimana persiapan pembelajaran membaca puisi menggunakan pendekatan kontektual (countextual teaching and learning) pada mahasiswa Universitas Putra Indonesia Cianjur. Permasalahan itu muncul didasari kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya minat baca karya sastra Indonesia berupa puisi. Hal ini, menjadi tantangan bagi dosen bahasa Indonesia di tingkat perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa reguler semester satu Universitas Putra Indonesia sebanyak 72 orang, teknik sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah kelas eksperimen sebanyak 36 orang dan kelas kontrol sebanyak 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan CTL dalam membaca puisi di Universitas Putra Indonesia telah berhasil meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dari nilai yang menunjukkan angka 61,50. Angka itu, sesuai dengan pedoman penilaian, masuk kategori sedang atau rendah mendekati cukup atau sedang. Hasil tes terakhir pertemuan ketiga menunjukkan angka 85,18, yang berarti bahwa tingkat kemampuan membaca mahasiswa masuk kategori baik atau tinggi.