Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Berpikir Rasional Siswa Pada Subkonsep Pencemaran Air

  • Bayu Purnama Galuh STKIP Mutiara Banten
Kata Kunci: contextual learning, rational thinking

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap peningkatan keterampilan berpikir rasional  siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode weak eksperiment, dengan mengambil satu kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas penelitian yang di ambil di SMA Negeri 7 Pandeglang. Data dari penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diberikan pada waktu tes awal (pre test) sebelum proses pembelajaran diberikan dan tes akhir (post tes) setelah proses pembelajaran. Keterampilan berpikir rasional yang digunakan dalam penelitian ini mencakup 7 indikator yaitu mengingat, mengelompokan, menganalisis, mengevaluasi, membandingkan, meramalkan, dan menyimpulkan. Diperoleh rata-rata pre test keterampilan berpikir rasional sebesar 64,3 dan rata-rata post test keterampilan  berpikir rasional sebesar 79,86. Dari ke tujuh indikator kemampuan berpikir rasional yang diukur, peningkatan indikator mengingat menempati urutan paling tinggi 86,40 dan peningkatan indikator terendah adalah indikator mengenalsis sebesar 73,40. Setelah diketahui hasil pre test dan post test peneliti melanjutkannya dengan uji t berpasangan, dan diperoleh hasil uji t berpasangan yang signifikan karena thitung >ttabel sebesar 7,74>2,73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan kontekstual  dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional siswa.

Diterbitkan
2020-04-29