Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan

  • Dikhorir Afnan Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Fathurrohman Fathurrohman Universitas Muhammadiyah Cirebon
Kata Kunci: Marketing Public Relations, Opini Publik, Citra Perusahaan.

Abstrak

Lazim yang terjadi di banyak organisasi, kompleksitas permasalahan yang dihadapi organisasi mengharuskan kegiatan komunikasi publik ataupun komunikasi massa berjalan lancar tanpa ada sumbatan informasi. Dalam konteks budaya global dan massif saat ini, tantangan yang paling sering dihadapi oleh divisi public relations adalah menjaga komunikasi antara perusahaan dengan khalayaknya agar dapat terus kondusif. Oleh karenanya sistem komunikasi perlu dibangun dengan baik guna mempertahankan harmonisasi antara perusahaan dengan khalayak. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metodologi kualitatif. Penelitian ini dapat pula disebut sebagai penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang lebih mengedepankan narasi dan gambar-gambar sebagai ilustrasi apa yang terjadi di lapangan. Kegiatan public relations merupakan gabungan dari seni dan ilmu sosial lainnya yang dapat mendeteksi gejala yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah marketing public relations (MPR) harus memaksimalkan pelayanan dengan cara antara lain membina dan mempertahankan citra perusahaan atau produk barang dan jasa, baik dari segi kuantitas maupun kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumennya.

Diterbitkan
2020-04-29