PERAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PENDIDIKAN KABUPATEN LEBAK BANTEN

  • Setiadin Setiadin Universitas Muhamamdiyah Bandung
Kata Kunci: Pengawasan, Kepala Sekolah, Kinerja Pendidikan, Kabupaten Lebak

Abstrak

Kinerja Dinas Pendidikan dituntut memiliki disiplin kerja yang baik sesuai ketentuan tugasnya, mengingat keberadaannya sebagai faktor yang paling menentukan keberhasilan proses pendidikan di suatu daerah. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) sebagai gambaran kinerja pendidikan di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, dengan pendekatan survei. Sampel terdiri dari 111 orang guru SMKN di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Provinsi Banten dengan menggunakan rumus slovin. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik pathanalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMKN lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Provinsi Banten sebesar 74,81%. Pengaruh tersebut dinilai sangat besar atau sangat kuat sehingga disiplin kerja guru SMKN tersebut sangat ditentukan oleh pengawasan kepala sekolahnya. Atas dasar ini maka kepala sekolah berupaya meningkatkan disiplin kerja guru dengan cara memberi kesempatan mengikuti kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) pelatihan dan seminar serta mendorong guru melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mata pelajaran yang diampunya. Selain itu kepala sekolah hendaknya melakukan pengawasan secara lebih baik lagi dengan memperhatikan langkah-langkahnya dan sesuai dengan pedoman manajemen sekolah.

Diterbitkan
2018-10-29