Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Sindangresmi

  • Asri Hayati Futri STKIP Mutiara Banten
  • Eman Supriatna STKIP Mutiara Banten
Kata Kunci: Kata Kunci : Metode Picture and Picture, keaktifan, minat, Kemampuan Menulis, siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi.

Abstrak

Abstrak. Penelitian Tindakan Kelas dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture dalam pembelajaran. Penelitian dilaksankan di kelas VII A, semester 1, Tahun Pelajaran 2019/2020, SMP Negeri 2 Sindangresmi. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat, keaktifan serta kemampuan siswa dalam menulis cerita fantasi. Hal ini terjadi karena ketidak tepatan pemilihan media pembelajaran yang digunakan guru. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan kurang menarik dalam pembelajaran menulis cerita fantasi sehingga siswa merasa bosa.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi dalam menulis teks cerita fantasi? (2) Bagaimana penggunaan metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi dalam menulis teks cerita fantasi? dan (3) Bagaimana meningkatkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture  pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sindangresmi?

Penelitian Tindakan Kelas dilaksankan 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Inttrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes hasil belajar yang diberikan sebelum tindakan (pratindakan/prasiklus) dan setelah tindakan, lembar observasi serta lembar kerja kelompok. Pengumpulan data dan penggolahannya berdasarkan  data  yang didapatkan pada intrumen tersebut.

Kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sindangresmi meningkat setelah menggunakan metode picture and picture sebesar 22,77. Rata-rata pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata pada prasiklus 60,23 menjadi 71,5. Rata-rata yang dicapai pada siklus II 83 , ini menujukan peningkatan sebesar 11,27 dari prasiklus ke siklus I, 11,5 dari siklus I ke siklus II. Perubahan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran menulis cerita fanntasi dengan menggunakan metode picture and picture telah mengalami perubahan kearah yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan metode picture and picture ternyata dapat meningkatkan keaktifan, minat, dan hasil belajar peserta didik dalam bentuk kemampuan menulis cerita fantasi, dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum melakukan penelitian. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunkan metode picture and picture ada peningkatan.

Diterbitkan
2020-04-29