PEMBELAJARAN IPS DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI PESERTA DIDIK

( Studi Kasus pada Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMP Patriot Bangsa Kabupaten Bandung Barat )

  • Sri Mulyeni Universitas Nasional Pasim
Kata Kunci: Social Studies, Culture Organization, Students, Pembelajaran IPS, Budaya Organisasi, Peserta Didik

Abstrak

Abstract - In high school learners coaching role not only through academic activities but also done through the activities of the organization. An organization for students is a control device in action. Organizations can also be the basis for learners as members in taking an action or decision. Foster a culture of self-organization of the learners is important, because the role of the learners can develop in the school organization. A descriptive study that cointain of, interviews, observation, and documentation is applied in this research. The findings of the study manifest that learning social studies can provide a significant role in fostering organizational culture learners, the materials provided to the students a lot to contribute in particular to build to learn, socialization, organization, leadership, attitude, responsibility and other social skills that it is needed when students are in an organization. Thus, learning social studies in school scan mentor students in developing organizational culture for learners through the strategy learning that associatesocial studies with the organization's goals in school.

Abstrak - Di sekolah menengah peran pembinaan peserta didik bukan hanya melalui kegiatan akademik tetapi dilakukan pula melalui kegiatan organisasi.Organisasi bagi peserta didik merupakan wadah untuk melakukan suatu tindakan. Organisasi dapat pula sebagai dasar untuk peserta didik sebagai anggota  dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan. Menumbuhkan budaya organisasi pada diri peserta didik sudah menjadi kewajiban dan seharusnya dilakukan oleh piihak sekolah,  sebab keaktifan peserta didik mampu memberikan kontribusi pada perkembangan organisasi di sekolah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis Pembelajaran IPS dalam membina budaya organisasi peserta didik. Studi ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, serta tehnik penelitian berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan dalam pengkajian menunjukan pembelajaran IPS dapat memberikan peran yang cukup signifikan dalam membina budaya organisasi peserta didik, pembelajaran dikelas banyak memberikan kontribusi khususnya dalam membangun sikap toleransi, sosialisasi, keorganisasian, kepemimpinan, sikap tanggungjawab dan keterampilan-keterampilan sosial lainnya yang sangat dibutuhkan ketika peserta didik berada dalam suatu organisasi. Dengan demikian pembelajaran IPS di sekolah berperan dalam  mengembangkan budaya organisasi peserta didik melalui strategi pembelajaran, mengaitkan materi pembelajaran IPS dengan tujuan organisasi di sekolah.

 

Diterbitkan
2020-10-30