Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Kualitas Pelayanan terhadap Citra Perguruan Tinggi pada Keputusan Menjadi Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Stikom Bandung

  • Rachmat Taufik Stikom Bandung
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kualitas Pelayanan, Citra Perguruan Tinggi, Keputusan Menjadi Mahasiswa

Abstrak

Abstract. This study aims to reveal the integrated marketing communication, service quality, image-making college and became a student STIKOM Bandung. In addition this study also aims to determine how much influence the integrated marketing communications and service quality to the image of the university in Bandung STIKOM and determine how much influence the image of the college to the decision a student STIKOM Bandung. Locus research conducted in Bandung STIKOM through random sampling method with iterative model approach. The number of samples processed as many as 116 respondents, out of a population of 408 active students STIKOM Bandung, the academic year 2012/2013 until 2016/2017 academic year. The data collection techniques done through questionnaires, interviews and direct observation. In this study the variables studied was integrated marketing communications and service quality, which serves as the independent variables, as well as the image of the university and the decision to become a student as a dependent variable. As for the hypothesis test, path analysis and multiple regression analysis method to test the hypothesis of F test and t test at level α = 0.05. SPSS. The results of data analysis and processing, concluded as follows: 1) integrated marketing communications partial effect on the image of the college. 2) The service quality is partially affected the image of the college. 3) integrated marketing communications and quality of service simultaneously affect the image of higher education, and 4) The image of the college is partially an effect on a student's decision of STIKOM Bandung.

Keywords: integrated marketing communications, quality of service, the image of the college, the decision to become a student.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi pemasaran terpadu, kualitas pelayanan, citra perguruan tinggi dan keputusan menjadi mahasiswa STIKOM Bandung. Selain itu penelitian ini bertujuan pula untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terpadu dan kualitas pelayanan terhadap citra perguruan tinggi di STIKOM Bandung dan mengetahui seberapa besar pengaruh citra perguruan tinggi terhadap keputusan menjadi mahasiswa STIKOM Bandung. Lokus penelitian dilaksanakan di STIKOM Bandung melalui metode random sampling dengan pendekatan model iterasi. Jumlah sampel yang diolah yaitu sebanyak 116 orang responden, dari jumlah populasi 408 mahasiswa aktif STIKOM Bandung, tahun akademik 2012/2013 sampai dengan tahun akademik 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan observasi langsung. Dalam penelitian ini variabel yang diteliti adalah komunikasi pemasaran terpadu dan kualitas pelayanan , yang berfungsi sebagai variabel bebas, serta citra perguruan tinggi dan keputusan menjadi mahasiswa sebagai variabel terikat. Adapun untuk menguji hipotesis digunakan analisis jalur dan Metode analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t pada tingkat α = 0,05. dengan bantuan program SPSS. Hasil pengolahan dan analisis data, menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Komunikasi pemasaran terpadu berpengaruh secara parsial terhadap citra perguruan tinggi. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap citra perguruan tinggi. 3) Komunikasi pemasaran terpadu dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap citra perguruan tinggi, dan 4) Citra perguruan tinggi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan menjadi mahasiswa STIKOM Bandung.

Kata kunci: Komunikasi pemasaran terpadu, kualitas pelayanan, citra perguruan tinggi, keputusan menjadi mahasiswa

Diterbitkan
2018-10-29