Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Loyalitas Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Jawa Barat

  • Iwan Juandi Sekolah Tinggi Teknologi Jawa Barat
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Nasabah

Abstrak

Abstract. Development of Higher Education especially in Region Kopertis IV Jabar and Banten very rapidly so competition between universities is very tight. The more intense competition between universities, the higher education services should be more optimal so that the college won the competition. The aim of this research is to know the influence of the quality of the servants and the loyalty of students of West Java High School of Technology (STT Jabar in Bandung, West Java). Respondents in this research were students of High School Technology West Java (in Bandung, of West Java Highschool of Technology academic years 2014 / 2015). The sample of this study did not distinguish all the majors, gender, area and religion the number of respondents in this study determined 46 respondents from the total number of students 84 by using sampling technique Sampling used in the form of simple random sampling method (simple random sampling). This research uses Path analysis and using help SPSS software program (Statistical Package For The Social). The results of this research there are indicate that: 1) the quality of service has a positive and significant effect on student satisfaction, 0.017 Signification is smaller than the 0.05 significance of t count 2,470 which states that ho rejected which means there is influence kualiats service to satisfaction. 2) satisfaction significantly influence loyalty student, 0.583 Significantly bigger than the 0.05 significance for t arithmetic 0,554 which states that ho received means that there is no influence between satisfaction with royalitas. 3) the quality of service has a positive and significant influence to student loyalty. It is suggested to the next researcher to extend the scope of the research to not only one type. STT Jabar should evaluate and improve service quality.

Keywords : Quality of Service, Satisfaction, Loyalty of Customer

Abstrak. Perkembangan Perguruan Tinggi khususnya di Di Wilayah Kopertis IV Jabar dan Banten sangat pesat sehingga persaingan antar perguruan tinggi sangat ketat Semakin ketat persaingan  antar  perguruan tinggi,  maka  pelayanan  yang perguruan tinggi berikan  harus lebih optimal sehingga perguruan tinggi mampu memenangkan persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa  Sekolah Tinggi Teknologi Jawa Barat (STT Jabar di Bandung, Jawa Barat. Responden dalam penelitian ini adalah mahasisiswa Sekolah Tinggi Teknologi Jawa Barat (STT Jabar di Bandung, Jawa Barat pada angkatan 2014/2015. Sampel penelitian ini tidak membedakan semua jurusan, jenis kelamin, daerah dan agama jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan 46 responden dari total jumlah mahasiswa 84 dengan   menggunakan   teknik   pengambilan   sampel   Penarikan sampel yang digunakan berupa metode sampling acak sederhana (simple random sampling). Penelitian  ini menggunakan analisis Jalur (Path Analysis) dan menggunakan bantuan software/program SPSS (Statistical Package For The Social). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, Signifikasi 0,017 lebih kecil dari signifikasi 0,05 sebesar t hitung 2,470 yang menyatakan bahwa ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh kualiats layanan terhadap kepuasan. 2) kepuasan berpengaruh signifikan  terhadap  loyalitas mahasiswa,   Signifikasi 0,583  lebih lebih besar dari signifikasi 0,05 sebesar t hitung 0,554 yang menyatakan bahwa ho di terima yang berarti tidak terdapat pengaruh antara  kepuasan terhadap royalitas3)  kualitas  pelayanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa.  Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas ruang lingkup penelitian tidak hanya pada satu jenis. STT Jabar sebaiknya melakukan evaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata kunci :  Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Nasabah

Diterbitkan
2018-10-29