MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS SASTRA PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN LATIHAN BIMBINGAN
Abstrak
Abstract - The string of words in poetry is a literary work that has a hermeneutic meaning with a broad interpretation or interpretation. Even as the process changes from something ignorance to understanding. This research aims to explain the learning process of students' ability to write literary works of poetry with inkuiri techniques. The methods used by class actions in cycles 1 and 2 are through planning, action, observation, and reflection, while the instruments required are test and nontest, data analysis techniques using quantitative and qualitative. The results showed that the ability of students to write poetry literary works using inkuiri techniques, training and guidance in grade VIII-A students of SMPN 1 Rancabali, Alamendah, Kecamatan Rancabali, Bandung Regency, in cycles 1 and 2 experienced improved learning and changed students' behavior towards significant writing interests.
Abstrak - Untaian kata dalam puisi merupakan karya sastra yang mempunyai makna hermeneutik dengan penafsiran atau interpretasi yang luas. Bahkan sebagai proses perubahan dari sesuatu ketidaktahuan menjadi mengerti. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses pembelajaran kemampuan siswa dalam menulis karya sastra puisi dengan teknik inkuiri. Metode yang digunakan tindakan kelas pada siklus 1 dan 2 melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, sedangkan instrumen yang dibutuhkan yakni test dan nontest, model analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terbukti bahwa kemampuan siswa menulis puisi karya sastra menggunakan teknik inkuiri, latihan dan bimbingan untuk siswa kelas VIII-A SMPN 1 Rancabali, Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan belajar dan mengubah perilaku siswa terhadap minat menulis yang cukup signifikan.