Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empirik melalui analisis data tentang pengaruh pelatihan dan keterampilan terhadap keberhasilan usaha mitra binaan PT Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa Republika di Wilayah Jakarta.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi pada 6 mitra binaan PT Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa Republika di Wilayah Jakarta dengan jumlah responden 50 orang melalui kuesioner dilengkapi dengan wawancara.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun secara simultan antara pelatihan dan keterampilan berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Hal ini berarti semakin baik pelatihan dan keterampilan mitra binaan, akan semakin meningkat keberhasilan usahanya. Serta yang paling besar dominan mempengaruhi keberhasilan usaha adalah keterampilan, artinya dengan keterampilan yang baik, secara otomatis keberhasilan usaha juga meningkat.