Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan di Lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat

  • Biller Panjaitan Universitas Sangga Buana
Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengungkap deskripsi motivasi kerja dan kinerja karyawan Kantor Pertanahan Daerah Jawa Barat, 2) menguji hipotesis hubungan dan pengaruh antara motivasi kerja dan kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. dan penelitian verifikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Ukuran sampel adalah 219 pegawai Kantor Pertanahan Regional Jawa Barat yang diambil sampelnya dengan metode proportional stratified random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan oleh kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan alat analisis menggunakan structural equation modelling (SEM) dan diolah dengan program LISREL 8.51 (Linier Structhip Relationship) 8.51 for windows software.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kinerja karyawan dikategorikan 'bagus', namun motivasi kerja masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel independen artinya memiliki sinergi positif dengan motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan di Kantor Pertanahan Daerah Jawa Barat. Berdasarkan analisis deskriptif dan verifikatif, perlu untuk merekomendasikan bahwa pengambil keputusan dari Kantor Pertanahan Daerah Jawa Barat harus menentukan kebijakan pengembangan sumber daya manusia, pada motivasi kerja sehingga pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kinerja karyawan.

Diterbitkan
2019-04-04