MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Dharnita Chandra Institut Maritim Prasetya Mandiri Bandar Lampung
Kata Kunci: Manajemen, Pelayanan, Publik, Masa Pandemi, Covid 19

Abstrak

Abstract - For almost two years, the Indonesian state has been hit by the Covid-19 pandemic and various aspects of life have been affected, whether political, social, economic, cultural, or educational. The pandemic period is the most difficult period for bureaucrats to deliver various programs, however bureaucrats must have the necessary competencies in proper service management to the public so that the public understands various policies, is adaptive and is able to overcome the impact of the Covid 19 pandemic. Implementation of public service management tasks from bureaucrats Public services are carried out with various strategies by processing, creating and transforming, collaborating and implementing programs and policies digitally to the public. For Indonesia to be resilient and recover, to achieve the goal of a prosperous society, it is necessary to carry out public service management other than digital-based in the new normal era, it is very appropriate that the pandemic period is a necessity that must be faced.

Abstrak - Hampir dua tahun lebih negara Indonesia mendapat musibah pandemi Covid 19 dan berbagai aspek kehidupan mengalami dampaknya, baik politik, sosial, ekonomi, budaya, maupun pendidikan. Masa pandemi merupakan masa yang tersulit bagi birokrat untuk menyampaikan berbagai program, meskipun demikian birokrat harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam manajemen pelayanan yang tepat kepada publik sehingga masyarakat memahami berbagai kebijakan, adaptif dan mampu mengatasi dampak pandemic Covid 19. Pelaksanaan  tugas manajemen pelayanan publik dari birokrat dalam pelayanan publik dijalankan dengan berbagai strategi dengan mengolah, membuat dan mentransformasikan, kolaborasi dan mengimplementasikan program dan kebijakan secara digital kepada masyarakat. Bagi Indonesia bisa Tangguh dan pulih Kembali untuk mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera perlu menjalankan manajemen pelayanan publik selain berbasis digital di era new normal  sangat tepat masa pandemi merupakan sebuah keniscayaan yang harus dihadapi.

Diterbitkan
2022-04-30