S STRATEGI KOMUNITAS SEKOLAH DI UTARA DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN INFORMAL DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Rizza Hadiyansyah Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: Strategi, Komunitas, Pendidikan Informal, Covid-19

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunitas Sekolah Di Utara dalam mengembangkan pendidikan informal di masa pandemi Covid-19 dan kendala yang dihadapi komunitas Sekolah Di Utara dalam mengembangkan pendidikan informal di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek dari penelitian ini yaitu pengurus komunitas Sekolah Di Utara, relawan komunitas Sekolah Di Utara, dan peserta didik komunitas Sekolah Di Utara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunitas Sekolah Di Utara dalam mengembangkan pendidikan informal di masa pandemi Covid-19 memilki strategi yang tepat dalam melaksanakan berbagai aktifitas pendidikan. Strategi yang diterapkan oleh Sekolah Di Utara dalam mengembangkan pendidikan informal yaitu (1) corporate strategy (strategi organisasi)  (2) program strategy (strategi program) (3) resource support strategy (strategi pendukung sumber daya) (4) institutional strategy (strategi kelembagaan). Kendala yang dihadapi oleh komunitas Sekolah Di Utara dalam mengembangkan pendidikan informal di masa pandemi Covid-19 ialah (1) Pada pengurus yaitu biaya operasional yang semakin sedikit atau menurun dan relawan yang bukan dari background pendidikan. (2) Pada relawan yaitu penyusunan perencanaan pembelajaran yang perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini dan perbedaan mengajar yang dilakukan pada saat pandemi Covid-19.

Diterbitkan
2022-12-31