IMPELENTASI ATRIBUT PRODUK, PROMOSI DAN SERVICE EXCELLENCE TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TABUNGAN BTN SIAP PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO),TBK. CABANG CIKARANG

  • Miftakul Huda Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pelita Bangsa
  • Agus Rahayu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heny Hendrayati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ari Indra Gunawan Politeknik Negeri Bandung
Kata Kunci: Atribut Produk, Promosi, Service Excellence dan Keputusan Menabung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atribut produk, promosi dan service excellence terhadap keputusan menabung pada produk tabungan BTN SIAP PT. Bank Tabungan Negara (Persero),Tbk Cabang Cikarang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil untuk dianalisa adalah 110 orang responden. Metode pengumpulan data pada penenlitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi (R2 ). Uji yang digunakan untuk menguji indikator penelitian adalah dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antar variabel adalah menggunakan uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Heterokedastisitas, uji Multikoliniaritas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan uji parsial (t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,463 > 1,98260) dan nilai sig. 0,001. (2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,581 > 1,98260) dengan nilai sig. 0,001. (3) service excellence berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,525 > 1,98260) dengan nilai sig. 0,000. Dan nilai R2 0,794 artinya variabel atribut produk, promosi dan service excellence memiliki pengaruh sebesar 79,4% terhadap keputusan menabung.

Diterbitkan
2022-12-31