SIKAP KONSUMEN ADALAH KUNCI: BAGAIMANA NIAT PEMBELIAN ONLINE DI E-COMMERCE TERBENTUK?
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran nilai kondisional, sikap konsumen, dan norma subjektif dalam mempengaruhi niat pembelian online. Penelitian ini melakukan studi eksplorasi berdasarkan data sekunder dan penelitian terdahulu untuk mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi niat pembelian online secara spesifik. Berdasarkan studi eksplorasi selanjutnya dikembangkan model penelitian dan hipotesis. Pembagian kuesioner kemudian dilakukan di antara para konsumen yang pernah menggunakan layanan e-commerce Tokopedia dan Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya data kuantitatif dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai kondisional ternyata belum mampu mempengaruhi niat pembelian online. Nilai kondisional hanya akan mempengaruhi niat pembelian online ketika dimediasi oleh sikap konsumen. Sikap konsumen dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian online.