Peminatan Pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dengan Motivasi Influencer Bisnis Siswa

  • Wahyu Bagja Sulfemi Institut Teknologi dan Bisnis Visi Nusantara Bogor
Kata Kunci: minat, motivasi, influencer, dan bisnis

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan minat siswa pada pemilihan jurusan bisnis daring dan pemasaran di sekolah menengah kejuruan dengan motivasi influencer bisnis siswa. Objek penelitian adalah siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kelas 11 SMK Swasta Pelita Kabupaten Bogor yang berjumlah 119, dan yang dijadikan sampel 30% atau 36 peserta didik secara random sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasional. Teknik korelasi yang dipakai Korelasi Product Moment dengan menggunakan angket. Hasil penelitian terdapat hubungan antara minat siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran dengan motivasi influencer bisnis di SMK Pelita, dimana diketahui rxy 0,504 dan t hitung adalah 3,400 dengan kriteria sedang yaitu diantara 0,400 sampai dengan 0,599.

Diterbitkan
2023-10-31