Panduan Penulis

  1. Naskah yang diajukan untuk dipublikasikan dalam Jurnal Tekno Insentif berupa hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan sains dan teknologi. Naskah tersebut belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan pada jurnal atau prosiding lain.
  2. Judul harus ditulis dengan ukuran huruf 14pt Bold. Nama penulis ditulis dengan ukuran 11 pt Bold. Instansi penulis ditulis dengan ukuran 11pt Bold cetak miring. Alamat surel ditulis dengan ukuran 11 pt regular cetak miring. Judul dan pengarang harus dalam format kolom tunggal dan rata tengah. Penulisan penulis tidak boleh menunjukkan nama jabatan (misalnya: Dosen Pembimbing), gelar akademik (misalnya: Dr) atau keanggotaan dari setiap organisasi profesional (misalnya: Senior Member IEEE).
  3. Abstrak dibuat sebagai ringkasan singkat atas keseluruhan isi artikel yang disajikan dalam satu paragraf antara 200-250 kata. Abstrak ditulis secara jelas, padat dan menggunakan kalimat yang efektif. Abstrak harus dapat membantu pembaca memahami pokok-pokok penting dari artikel, sehingga dapat memberi gambaran umum yang jelas atas isi artikel. Penulisan abstrak terdiri dari empat pokok utama yang disusun secara berurutan. Pokok pertama abstrak menjelaskan tujuan utama dan persoalan penelitian yang dibahas. Pokok kedua menjelaskan metode penelitian yang dibahas secara umum. Pokok ketiga menjelaskan temuan utama atau hasil dari analisis yang dibuat. Pokok keempat menguraikan secara singkat interpretasi atas hasil serta simpulan dari penelitian. Abstrak tidak diperkenankan menjelaskan latar belakang secara ekstensif, memuat kutipan, memuat singkatan atau istilah yang tidak dikenal secara umum, memuat angka-angka statistik, tabel, gambar atau rujukan ke table/gambar tersebut. Abstrak juga tidak diperkenankan menyajikan informasi yang tidak dibahas dalam artikel, serta mendefinisikan suatu istilah. Abstrak disajikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
  4. Isi artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan memperhatikan kaidah bahasa yang digunakan, Artikel disajikan pada 10 sampai 15 halaman. Isi artikel penulisan harus dalam format satu kolom, spasi tunggal 1, tambahkan satu spasi untuk setiap antarbagian (antara judul dan penulis, antara penulis dan abstrak, antara abstrak dan kata kunci, antara sub-bab dan isi). Paragraf harus teratur. Semua paragraf harus rata, yaitu sama-sama rata kiri dan rata kanan.
  5. Isi Naskah terdiri dari Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka. Setiap bagian diberi penomoran 1, 2, 3, 4, 5 & 6 tanpa penomoran pada sub bagian.
  6. Pendahuluan harus dapat menjelaskan rasionalitas penelitian, sehingga dapat dijustifikasi mengapa penelitian ini penting dibuat bagi bidang Teknik. Bagian ini harus dapat menyatakan senjangan yang menjadi dasar penelitian. Bagian pendahuluan mencakup perumusan permasalahan penelitian, pertanyaan penelitian, serta manfaat penelitian.
  7. Metode Penelitian menjelaskan secara eksplisit tentang bagaimana penelitian dilakukan. Bagian metode penelitian harus ditulis secara efektif, sehingga penulis dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan jelas tentang data, alat dan tahapan yang dilakukan dalam rangka menjawab pertanyaan penelitian. Bagian ini juga menyediakan penjelasan mengenai metode pengukuran sehingga dapat memudahkan untuk direplikasi.
  8. Hasil dan Pembahasan secara langsung menyajikan data dan hasil yang didapat dari penelitian. Bagian ini hanya memberikan uraian naratif atas hasil penelitian tanpa ada interpretasi atau evaluasi. Bagian pembahasan menginterpretasikan makna dari hasil penelitian, baik sesuai dengan harapan atau tidak.
  9. Kesimpulan dan Saran menyimpulkan secara singkat hasil dan pembahasan penelitian. Bagian ini juga menjelaskan tentang implikasi hasil, keterbatasan penelitian serta rekomendasi bagi pengembangan penelitian mendatang.
  10. Tata cara penulisan daftar pustaka:
  • Daftar pustaka ditulis disusun secara sistematis dan diurut secara abjad/alfabetis menurut nama pengarang.
  • Didukung minimal 10 (sepuluh) daftar pustaka, 80%
  • mengacu pustaka 10 (sepuluh) tahun terakhir, dan 80%
  • berasal dari sumber acuan primer (Jurnal atau Prosiding).
  1. Ilustrasi dapat berupa gambar, grafik, diagram, peta, dan foto diberi nomor dan judul di bawah gambar.
  2. Naskah yang formatnya tidak sesuai dengan pedoman penulisan jurnal Tekno Insentif akan ditolak oleh Dewan Redaksi dan akan dikembalikan kepada penulis.