ANALISIS MODEL SISTEM ANTRIAN PADA PELAYANAN ADMINISTRASI
Abstrak
Abstrak - Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis model sistem antrian yang digunakan pada bagian pelayanan administrasi kampus AMIK BSI Bandung. Analisa model sistem antrian memiliki pola kedatangan berdistribusi poisson, dan ukuran keefektifan sistem antrian menggunakan WinQSB. Model antrian pada pelayanan administrasi kampus menggunakan single channel single phase. Hasil analisis model sistem antrian menunjukkan bahwa tidak perlu penambahan petugas pelayanan dengan idle time lebih besar dari 83%. Model pola kedatangan berdistribusi poisson, ukuran keefektifan pelayanan administrasi 8,33% untuk rata-rata kedatangan 1, 16.67% untuk rata-rata kedatangan 2, dan 25% untuk rata-rata kedatangan 3, sedangkan asumsi rata-rata pelayanan adalah 12.
Abstract - The purpose of this research is to analyze the model of queuing system used in the administration of campus AMIK BSI Bandung. The queue system model analysis has a Poisson distributed arrival pattern, and the queue system's queue effectiveness uses WinQSB. Model queue on campus administration services using single channel single phase. The result of queuing system model analysis shows that there is no need for additional service officer with idle time greater than 83%. The model of arrival pattern is Poisson distributed administrative service effectiveness measure 8.33% for average arrival 1, 16.67% for arrival average 2, and 25% for arrival average 3, while the average service assumption is 12.