PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU PROSES ZAT PELEMAS NONIONIK SNOWSILICONE RDS-CC TERHADAP PEGANGAN KAIN PADA PROSES PENYEMPURNAAN KAIN KAPAS

  • Luciana Luciana
Kata Kunci: PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU PROSES ZAT PELEMAS NONIONIK SNOWSILICONE RDS-CC TERHADAP PEGANGAN KAIN PADA PROSES PENYEMPURNAAN KAIN KAPAS

Abstrak

Perkembangan industri tekstil saat ini dituntut oleh kebutuhan akan sandang yang semakin meningkat, perkembangan ini harus diikuti dengan pemenuhan akan persyaratan-persyaratan yang semakin ketat. Persyaratan yang menjadi tolak ukur dalam industri tekstil antara lain meliputi: kualitas produk, estetika (keindahan), sifat fisik kain dan biaya produksi. Untuk memberikan  efek pegangan yang lebih lemas pada kain kapas, terutama untuk kain kebutuhan konveksi diperlukan penyempurnaan pelemas yang memakai zat pelemas.

Dalam penelitian ini zat yang digunakan adalah zat pelemas nonionik jenis mikro silicon (Snowsilicone RDS-CC) yang dipakai untuk pelemasan terhadap kain kapas dimana zat ini merupakan zat  hasil pengembangan yang perlu dilakukan suatu penelitian yang meliputi, studi pengaruh konsentrasi zat pelemas dengan variasi konsentrasi 10, 20, 30, 40, dan 50 g/l dan waktu proses 1, 2, dan 3 menit perendaman sehingga dapat diperoleh kondisi optimum penggunaan zat pelemas untuk memperoleh kualitas kain yang diinginkan.

Setelah dilakukan pengujian, penggunaan zat pelemas Snowsilicone RDS-CC yang semakin banyak akan menaikan nilai kelangsaian kain, menaikan kelemasan kain dan juga cenderung mengurangi  kekusutan kain. Kondisi optimum yang dicapai dalam percobaan ini adalah pada konsentrasi zat pelemas 30 g/L pada 3 menit dengan nilai kelangsaian 23,565 % lalu pada pengujian kelemasan kain dengan nilai rangking tertinggi pada konsentrasi zat 50g/L pada 2 menit  dengan jumlah nilai rangking 35 dan untuk pengujian dari kekusutan diperoleh nilai 1000 pada arah lusi dan 97,25 0 pada arah pakan pada konsentrasi 10g/l pada waktu rendam 3 menit.

Diterbitkan
2019-04-16