Penerapan Algoritma K-Means untuk Mengukur Efektivitas Media Informasi dan Kepuasan Pelanggan
Abstrak
Penelitian ini mengkaji efektivitas media informasi di PT XYZ dengan menerapkan metodologi Extreme Programming dan CRISP-DM, memfokuskan pada peningkatan kepuasan pelanggan melalui pengembangan informasi yang responsif dan intuitif. Eksperimen menggunakan teknik klasterisasi K-Means menunjukkan bahwa struktur media yang baik meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna. Analisis menunjukkan bahwa desain yang efektif dan responsif secara signifikan mendukung interaksi pengguna yang positif, memfasilitasi navigasi yang lebih baik dan memperkuat keefektivitasan komunikasi informasi terkini. Berdasarkan hasil pembahasan website ini meningkatkan pengalaman dalam menggunakan layanan PT XYZ dengan menyediakan semua informasi yang dibutuhkan dengan rata-rata hasil responden 5/5, mendukung pengalaman pengguna yang positif melalui tata letak yang jelas dan mudah dipahami serta responsivitas yang tinggi pada berbagai jenis perangkat dengan rata-rata responden 4,9/5.