OVMP : OPERATIONAL VEHICLE MANAGEMENT APPLICATION USING EXTREME PROGRAMMING (XP) METHOD

  • Rolly Maulana Awangga Politeknik Pos Indonesia
  • Syafrial Fachri Pane Politeknik Pos Indonesia
  • Cahya Kurniawan Politeknik Pos Indonesia
Kata Kunci: Manajemen Layanan, Inventaris, Peminjaman, Legalitas Kendaraan, Extreme Programming (XP)

Abstrak

Abstrak - Manajemen layanan adalah fasilitasi untuk membantu melayani bidang yang dibutuhkan dalam segala hal yang diinginkan atau dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan juga mengelola layanan dalam inventaris, peminjaman, pemeliharaan, dan pengelolaan pajak kendaraan operasional pada kantor LLDIKTI Wilayah IV. Dimana permasalahan yang terdapat pada kantor LLDIKTI Wilayah IV adalah pengelolaan kendaraan operasional yang masih dilakukan secara manual dalam pengelolaannya, serta pengelolaan pajak kendaraan operasional yang masih dilakukan manual juga. Penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming (XP) di mana metode ini adalah metode pengembangan perangkat lunak yang cepat, efisien, tingkat risiko rendah, fleksibel dalam penggunaan, diprediksi dengan jelas dan terperinci. Dan metode Extreme Programming (XP) diterapkan dalam pembuatan aplikasi. Berdasarkan masalah yang ada, manajemen kendaraan operasional kurang efektif dalam implementasinya. dimana dalam pengelolaan kendaraan operasional harus melakukan pencatatan manual peminjaman pada divisi administrasi yang mengelola dan bertanggung jawab untuk mengelola kendaraan operasional dengan menulis di buku peminjaman, tentu saja, ini sangat tidak efisien dan membutuhkan waktu lama, kemudian mengenai pengelolaan pajak kendaraan yang dilakukan dengan cara manual atau pengecekan tanggal berlaku STNK pada STNK membuat tidak dapat terkontrol secara baik. Dengan pembuatan aplikasi mengenai layanan kendaraan operasional, tentu saja bertujuan untuk mengubah semua masalah menjadi keunggulan yaitu efisiensi dan efektivitas. Dalam aplikasi hanya perlu mengkonfirmasi peminjaman dan pengembalian dan pencatatan pemeliharaan dan pengelolaan pajak kendaraan operasional yang telah dimasukkan oleh sistem. Dimana dalam alurnya ketika memasukkan semua data yang diinginkan dapat dikelola secara singkat, cepat dan tepat.

Abstract - Service management is a facilitation to help serve the required fields in everything that is desired or needed. This study aims to determine and also manage services in the inventory, lending, maintenance, and management of operational vehicle taxes at LLDIKTI Region IV offices. Where the problems in the LLDIKTI Region IV office are the management of operational vehicles which are still done manually in their management, as well as the management of operational vehicle taxes which are still carried out manually as well. This study uses the Extreme Programming (XP) method in which this method is a software development method that is fast, efficient, low-level risk, flexible in use, predicted clearly and in detail. And the Extreme Programming (XP) method is applied in making applications. Based on existing problems, operational vehicle management is less effective in its implementation. where in operational vehicle management must record lending manuals on the administrative division that manages and is responsible for managing operational vehicles by writing in the borrowing book, of course, this is very inefficient and takes a long time, then regarding vehicle tax management which is done manually or checking the STNK validity date on the STNK makes it unable to be controlled properly. By making applications regarding operational vehicle services, of course it aims to turn all problems into excellence namely efficiency and effectiveness. In the application only need to confirm the borrowing and return and record maintenance and management of operational vehicle taxes that have been entered by the system. Where in the flow when inputting data all the desired data can be managed briefly, quickly and precisely.

Diterbitkan
2020-04-01
Cara Mengutip
Awangga, R., Pane, S., & Kurniawan, C. (2020). OVMP : OPERATIONAL VEHICLE MANAGEMENT APPLICATION USING EXTREME PROGRAMMING (XP) METHOD. Jurnal Tekno Insentif, 14(1), 9-16. https://doi.org/https://doi.org/10.36787/jti.v14i1.169